Perlombaan Berebut Kursi Di HUT Kemerdekaan Ke-77 Disdik Garut Menarik Perhatian Penonton

Share posting

Oleh : Wishnoe Ida Noor

Kasi dan Staff dari masing-masing Bidang juga Mahasiswa yang sedang KKL turut memeriahkan permaainan pada perlombaan “Berebut Kursi”. (foto oleh Wishnoe Ida Noor-grahabignews.com)

Garut – Sudah menjadi tradisi yang tak akan mungkin bisa dilewatkan oleh seluruh masyarakat Indonesia, ketika memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia di bulan Agustus disambut dengan berbagai kegiatan perlombaan, dan kesenian.

Kasi Sarana SD, dan staff Dinas Pendidikan Kabupaten Garut (foto oleh Wishnoe Ida Noor-grahabignews.com)

Kita bisa menyaksikan sendiri, bagaimana di tingkat lingkungan dimana kita tinggal pembenahan jalan lingkungan dan hiasan kertas warna Merah Putih sudah mewarnai nuansa peringatan kemerdekaan bangsa kita yang menjadi tonggak perjuangan para pahlawan, dan semua itu ditebus dengan harta dan nyawa.

Salah satu Staff Dinas Pendidikan memandu kegiatan Peringatan Kemerdekaan RI Ke-77 (foto oleh Wishnoe Ida Noor-grahabignews.com)

HUT Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-77 ini diharapkan mampu membawa perubahan disemua sektor dalam tatanan pemerintahan ini., seperti halnya tema HUT Kemerdekaan tahun 2022 adalah “Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat” pasca bangsa kita dilanda merebaknya wabah Covid-19.

Staff Bagian Umum dan Staff PAUD bersama anak-anak KKL dari salah satu SMK (foto oleh Wishnoe Ida Noor-grahabignews.com)

Pantauan GrahaBigNews di lapangan, Kamis (11/08/2022) di lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Garut seluruh staff turut meramaikan perayaan HUT Kemerdekaan RI Ke-77 dengan diselenggarakannya berbagai perlombaan, dan di dalamnya terkandung makna kebersamaan, kegotong royongan serta menumbuhkan jiwa sportifitas ketika kalah dan menang tak jadi persoalan.

Para Staff dibidangnya masing-masing dan anak-anak KKL di Dinas Pendidikan Kabupaten Garut (foto oleh Wishnoe Ida Noor-grahabignews.com)

Perlombaan yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan dalam rangka menyambut HUT Kemerdekaan RI Ke-77 tersebut diantaranya lomba Bakiak, makan kerupuk, lomba brerebut kursi, kelereng, balon,balap karung mengenakan helm, memukul air, dan balap karung biasa.

Kasi PAUD, para Staff Dinas Pendidikan Kabupaten Garut ketika mengikuti perlombaan :Berebut Kursi” (foto oleh Wishnoe Ida Noor-grahabignews.com)

Adalah lomba Berebut Kursi sempat menyita perhatian, dan sangat menghibur. Dimana para peserta lomba baik putra maupun putri yang dilakukan oleh para Kasi dan Staff Dinas Pendidikan Kabupaten Garut mengelingi kursi yang sudah disedikan sesuai dengan jumlah pesertanya. Kemudian mereka mendengarkan iringan musik rancak dengan lagu jenis Dangdhut “ Kopi Dangdhut”.

Para Staff Dinas Pendidikan Kabupaten Garut dan Mahasiswa ketika mengikuti perlombaan :Berebut Kursi” (foto oleh Wishnoe Ida Noor-grahabignews.com)

Aturan mainnya adalah, para peserta mengelingi kursi tersebut sambil berjoged, dan ketika lagu dihentikan lalu mereka berebut kursi untuk mendudukinya. Bagi peserta yang tak kebagian kursi, berarti dia yang kalah, jumlah kursipun berkurang sampai tertinggal satu. Permain pada perlombaan tersebut, menuntut konsentrasi penuh sehingga harus tanggap dan sigap untuk segera menduduki kursi ketika music berhenti.

perlombaan balap Karung plus mengenakan Helm (foto oleh Wishnoe Ida Noor-grahabignews.com)

Demikian juga dengan jenis perlombaan balap karung plus mengenakan Helm, sangat luar biasa. Karena peserta pria harus masuk ke karung diikat pas postur tubuh kemudian mengenakan helm. Bukan hal mudah memang, selain tidak leluasa untuk melompat mencapai finish, para peserta banyak yang terguling, dan gagal dalam permainan tersebut, tawapun ambyar…

Kasi PAUD bersama Staff Bagian Umum dan Staf lainnya pada perlombaan Memukul Air Dinas Pendidikan Kabupaten Garut (foto oleh Wishnoe Ida Noor-grahabignews.com)

Perlombaan demi perlombaan terus dilakukan, sampai akhirnya perlombaan memukul air dengan mata tertutup, dan pesertanya staff putra-putri serta anak-anak dari SMK yang tengah  mengikuti KKL di Dinas Pendidikan Kabupaten Garut.

Perlombaan Balap Karung Biasa di HUT Kemerdekaan RI Ke-77 Dinas Pendidikan Kabupaten Garut (foto oleh Wishnoe Ida Noor-grahabignews.com)

Terakhir adalah lomba Balap Karung biasa, dilakukan cukup meriah serta mengundang gelak tawa ceria serta bahagia manakala ada peserta yang kedodoran melangkah, dan terjatuh.

Para Staff dari masing-masing Bidang Dinas Pendidikan Kabupaten Garut bersama anak-anak KKL (foto oleh Wishnoe Ida Noor-grahabignews.com)

Menurut informasi yang dihimpun GrahaBigNews, bahwa keesokan harinya, Jum’at (12/08/2022) usai melaksanakan apel pagi di lapangan Disdik Garut kawasan Pembangunan, akan dilaksanakan Gowes Sepeda dengan rute dari Disdik menuju Objek Wisata Situ Bagendit Kecamatan Banyuresmi.

 

 


Share posting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GrahaBigNews