Pemkab Sumedang Bekerjasama Dengan Lanud Suryadarma Kalijati Subang dan APPS Gelar Vaksinasi Covid-19 Secara Masal

Share posting

Oleh : Ghani Purnama

 

Pemkab Sumedang Bekerjasama Dengan Lanud Suryadarma Kalijati Subang dan APPS Gelar Vaksinasi Covid-19 Secara Masal (foto oleh Ghani Purnama-grahabignews.com)

Sumedang –  Pemkab Sumedang bekerja sama dengan Pangkalan Angkatan Udara (Lanud) Suryadarma Kalijati Subang dan Aliansi Penyelenggara Pernikahan Sumedang (APPS) menggelar vaksinasi Covid-19 masal yang dipusatkan di Gedung Nusantara, Jalan Prabu Gajah Agung, Senin (16/8/2021).

Sebanyak 2500 vaksin disiapkan dalam kegiatan bernama “Serbuan Udara Vaksinasi” tersebut.

Vaksinasi dipantau langsung oleh Bupati H. Dony Ahmad Munir, Kepala Dinas Operasi Lanud Suryadarma Kalijati Subang Kolonel PNB Tarmizi, Asisten Pembangunan Hilman Taufik WS dan Ketua APPS Yadi Mulyadi.

Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan tersebut.

“Atas nama pemerintah dan masyarakat Kabupaten Sumedang saya haturkan terima kasih dan apresiasi kepada jajaran Lanud Suryadarma Kalijati Subang dan APPS sehingga acara ini bisa terlaksana,” ungkapnya.

Menurutnya, serbuan vaksinasi merupakan bagian dari ikhtiar agar kondisi sosial ekonomi warga  secepatnya bisa kembali normal.

“Kalau vaksinasi di atas 70 persen, kehidupan sosial ekonomi kita akan bisa normal kembali. Tentunya dengan tetap menjalankan protokol kesehatan dengan ketat,” terangnya.

Ke depannya ia pun mengharapkan vaksinasi tahap kedua maupun penambahan vaksinasi bisa digelar kembali untuk mengcover Kabupaten Sumedang.

“Kami bersyukur atas bantuan ini. Mudah-mudahan bantuan vaksinasi bisa ditambah lagi. Kalaupun ada tambahan,  kami sangat berterima kasih karena akan mengcover warga Kabupaten Sumedang,” kata Bupati Dony.

Lebih lanjut, Bupati juga mengucapkan terima kasih kepada warga yang telah  berpartisipasi mengikuti vaksinasi serta mengajak untuk bersama-sama mensukseskan capaian target vaksinasi 70 persen.

“Saat ini vaksinasi di  Sumedang sudah mencapai angka 20,5 persen dari target 930 ribu sasaran. Alhamdulillah, Sumedang merupakan yang tertinggi diantara kabupaten di Jawa Barat. Tetapi untuk kota, kita masih berada di bawah Kota Bandung dan Kota Depok,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Operasi Lanud Suryadarma Kolonel PNB Tarmizi menyampaikan, vaksinasi Covid-19 yang tengah digencarkan oleh pihaknya tiada lain untuk mendorong herd immunity di masyarakat.

Dijelaskan Tarmizi, vaksinasi bukanlah obat tetapi lebih sebgai upaya untuk membentuk kekebalan tubuh seseorang terhadap Covid-19 sehingga jika suatu saat terpapar Covid-19, maka tidak akan menimbulkan gejala infeksi yang akut melainkan hanya gejala ringan.

“Melalui vaksinasi ini diharapkan membentuk kekebalan tubuh sehingga kita bisa sehat dan beraktifitas seperti sedia kala. Kalau kekebalan tubuh kita bagus, insyaallah kita sehat. Kalaupun kita terinfeksi, maka tidak terlalu akut,” ucapnya.

Tarmizi berpesan kepada masyarakat untuk turut mensukseskan program vaksinasi seraya mengingatkan bahwa  kebiasaan untuk tetap menerapkan protokol kesehatan meski telah divaksin.

 

 


Share posting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *