Kepala Bapas Kelas II Garut, Kanwil Kemenkumham Jabar Hadirkan Tim IJTI Terkait Pembuatan Berita dan Release

Share posting

Oleh : Wishnoe Ida Noor

Kepala Bapas Kelas II Garut, Kanwil Kemenkumham Jabar Hadirkan Tim IJTI Terkait Pembuatan Berita dan Release (foto oleh Tim Bapa Kelas II Garut-grahabignews.com)

Grahabignews.com.Garut – Kepala Bapas Kelas II Garut, Moch. Kund Bedraningrat mengundang tim IJTI (Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia) untuk memberikan penguatan kepada Tim Humas Bapas Garut dalam hal pembuatan berita dan release (Selasa, 14/03/2023).

“Saya mengucapkan terimakasih kepada IJTI yang bersedia hadir ke Bapas Garut. Kami berharap kehadiran IJTI dapat memberikan penguatan kepada tim humas khususnya dalam pembuatan berita serta bagaimana pengambilan dokumentasi” ucap Kund.

Janur M. Bagus yang akrab disapa Abah ini memberikan paparan pertama terkait belajar cepat menulis berita. “Kita tidak boleh underestimate terhadap siapapun yang bisa menjadi sumber informasi. Menulis berita tidak sulit, kecuali mempersulit diri sendiri. Kunci menulis berita adalah membaca, mendengar dan menganalisa, serta kuasai konten institusi. Humas perlu berlatih dalam pemilihan kata-kata yang cocok. Tidak apa bila terdapat sedikit salah kata, yang penting datanya harus benar ” pungkas Abah.

Dijelaskan pula bahwa unsur-unsur berita harus selalu memuat prinsip 5W+1H. Selain itu, dijelaskan bahwa kerangka berita terdiri dari judul berita (head), teras berita (lead), dan badan berita.

“Humas Bapas Garut bukanlah wartawan, Humas Bapas Garut adalah sebagai penyampai informasi” imbuh Abah.

Selanjutnya paparan disampaikan oleh Wildan Fadilah. Beliau menjelaskan tentang angle pengambilan gambar dan camera shot.

“Pengambilan foto harus fokus kepada tokoh utama dalam berita. Bila berita terkait kegiatan yang dipimpin Kepala Bapas, maka Kepala Bapas harus menjadi fokus utama. Pengambilan foto dari depan tengah sehingga Kepala Bapas tetap menjadi fokus dan peserta kegiatan juga tertangkap dalam foto” ucap Wildan.

Kegiatan selanjutnya adalah diskusi dan tanya jawab tim humas dengan tim dari IJTI.

Sebagai penutup, Kepala Bapas dan tim mengucapkan terimakasih kepada tim IJTI yang telah memberikan banyak pengetahuan dan pengajaran baru.

Tim IJTI juga menyampaikan bahwa tim humas Bapas Garut dipersilakan untuk bertanya perihal kehumasan.

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan kehumasan Bapas Kelas II Garut dapat lebih giat dalam mempublikasikan setiap kegiatan.

#KumhamPasti

#ditjenpas

#KemenkumhamJabar

#RAndikaDwiPrasetya

#bapasgarut_

 


Share posting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *