KPU Kab. Garut Gelar Gathering Bersama Insan Pers

Share posting

Oleh: Wishnoe Ida Noor

tengah: Ketua KPU Kab. Garut, Dr. Junaidin Basri. (Foto: Rudi Herdiana – grahabignews.com)

Grahabignews, Garut – Peranan Insan Pers yang cukup penting demi keberhasilan pelaksanaan Pemilu 2024, melalui pemberitaan sebagai sarana informasi public, diakui Komisi Pemihan Umum (KPU) Kabupaten Garut.

Terbukti, Rabu (29/11) KPU Kab. Garut selenggarakan Media Gathering Sosialisasi Kampanye dan Tahapan Pemilu 2024, bersama puluhan Insan Pers dari berbagai Media cetak maupun elektronik di Fave Hotel Garut.

Kegiatan tersebut diisi dengan perkenalan Agggota KPU Kab. Garut sekaligus membahas tufoksi masing masing divisi KPU Kab. Garut, serta diskusi dan Tanya jawab terkait pelaksanaan juga tahapan Pemilu 2024.

Dikatakan Ketua KPU Kab. Garut, Dr. Junaidin Basri menjelaskan bahwa pada periode Pemilu sebelumnya, Kabupaten Garut terbagi menjadi lima (5) daerah pemilihan (Dapil). “Untuk Pemilu sekarang, Kab. Garut menjadi enam (6) Dapil,” imbuhnya.

“Dapil Garut berkembang dari 5 dapil menjadi 6 dapil, bahkan sebelumnya saya mengajukan menjadi 7 dapil, guna mengakomindir daerah otonomi baru,” jelas Junaidin.

Pelaksanaan Media Gathering di Fave Hotel Garut, Rabu (29/11). (Foto: Rudi Herdiana – grahabignews.com)

Sementara teknis pelaksanaan pungut hitung Pemilu 2024, memanfaatkan media digital berupa Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap). Di mana setiap TPS menggunakan Handphone untuk share hasil pungut hitung ke tabulasi Nasional.

Perlu diketahui, jelas Junaidin, bahwa Pemilih Kabupaten Garut adalah terbesar ke-3 di Jawa Barat, sekitar 1.999.061 pemilih. “Banyaknya jumlah pemilih, wajar jika banyak tokoh Nasional yang berdatangan, demi mendulang suara,” tukas Ketua KPU.

Pada hari pencoblosan, ada daftar pemilih tetap (DPT) dan daftar pemilih tambahan (DPTb). Seandainya ada rekan media diminta oleh Redaksi untuk meliput pemberitaan di luar tempat tinggal atau TPS, dapat mengajukan pindah memilih di TPS lain.

“Jika nanti saat hari H, saudara harus meliput di luar TPS saudara, tetap bisa melakukan pencoblosan di tempat yang ditugaskan, maka dimasukan sebagai DPTb tapi harus mengajukan satu bulan sebelumnya,” tutur Junaidin.

Di akhir sambutan, Ketua KPU Garut mengucapkan mengucapkan terimakasih kepada insan pers yang sedia hadir dalam acara Media Gathering, dalam rangka silaturahmi, koordinasi dan kolaborasi demi terciptanya demokrasi yang lebih baik di Kab. Garut.

“Saya berterima kasih kepada semua Insan Pers yang bersedia hadir memenuhi undangan kami, sehingga bisa sharing guna masa depan demokrasi yang lebih baik, adil dan output serta outcome-nya membawa kemakmuran bagi Kab. Garut,” pungkasnya.


Share posting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *