DPC, PAC, Ranting Bukan Event Organizer Pemilu, Tapi Jembatan Masyarakat

Share posting

Oleh: Hidir Hidayat

Yudha Puja Turnawan Selaku Ketua DPC PDIP Kab. Garut . (Photo: Rudi Herdiana – grahabignews.com)

Garut – Konsolidasi Organisasi untuk menyongsong Pemilu melalui penguatan internal guna menghadapi Pemilu 2024 dilakukan PDI Perjuangan di Gedung Islamic Center, kawasan Pramuka Kec. Garut Kota, Jumat (28/2/2020). Acara yang diselenggarakan adalah Pelantikan pengurus ranting PDIP masa bhakti 2020 – 2025 se Dapil 1.

“Ini adalah langkah awal untuk kemenangan di pemilu 2024, nanti tanggal 8 Maret kita akan melantik PAC, minimal mereka rapat sebulan sekali untuk mengindentifikasi permasalahan di daerahnya masing-masing yang nantinya dilaporkan ke DPC agar kedepannya nanti dijembatani oleh anggota Fraksi Kabupaten, Provinsi dan DPR RI seperti itu”.

Simbolis Penyerahan SK Ketua Ranting. (Photo: Rudi Herdiana – grahabignews.com)

Hal tersebut dikatakan Yudha Puja Turnawan Selaku Ketua DPC PDIP Kab. Garut sekaligus Ketua Fraksi PDIP DPRD Garut. Yuda sendiri menyebutkan terkait jumlah ranting keseluruhan di Dapil 1 sekitar 442, tetapi yang dilantik pada hari ini sebanyak 264 orang dari 88 Desa/Kelurahan di 8 kecamatan.

“Kalau yang dilantik hari ini, KSB Ranting, nanti tanggal 2 Maret 2020 diadakan pelantikan lagi di Dapil Utara dan tanggal 3 Maret akan melantik seluruh ranting di semua Dapil. Acara puncaknya, yakni pada tanggal 8 Maret yaitu pelantikan PAC di Gedung Art Centre,” imbuh Yuda.

Pelantikan Secara Simbolis Dengan Pembacaan Sumpah dan Janji Jabatan. (Photo: Rudi Herdiana – grahabignews.com) 

Terkait harapannya Yuda menerangkan bahwa pelantikan ini adalah dalam hal penataan organisasi dulu terutama penguatan struktur, dalam artian selanjutnya kerja politik terus dibangun. “Target tahun 2024, harus naik 100%, tiap Dapil 2 kursi jadi total 10 kursi,” sebut Yuda.

Kedepannya dalam peningkatan kualitas kader, Yuda akan mengadakan kursus kader pratama, khusus bagi pengurus anak cabang dulu selepas tanggal 8 Maret. Uuntuk PAC sendiri, harus menyebarkan ilmu yang didapatnya ke anak ranting di wilayahnya masing-masing.

(Photo: Rudi Herdiana – grahabignews.com)

“Pelantikan anak ranting tidak pernah dilakukan serentak seperti sekarang ini, disamping mengetahui orang perorang, kita photo KTP nya masing-masing. Mereka akan ditugaskan selama 6 bulan oleh DPC PDI Perjuangan untuk membentuk pengurusan anak ranting di tiap RW, minimal 5 pengurus anak ranting, kalau tidak berhasil akan dievaluasi SK mereka sebagai ranting PDI Perjuangan,” tambah Yuda.

Yuda menghimbau dan mengingatkan bahwa partai itu melalui DPC, PAC dan Ranting bukan Event Organizer (EO) Pemilu tapi mereka benar-benar partai politik yang bisa mengagregasikan kepentingan dan kebutuhan masyarakat.

 


Share posting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *