Fraksi PDI Perjiuangan Kabupaten Garut Mengucapkan Selamat Hari Jadi Garut yang ke 207

Share posting

Oleh : Yani Supriatna, SP., MP.

Fraksi PDI Perjiuangan Kabupaten Garut Mengucapkan Selamat Hari Jadi Garut yang ke 207 (foto file PDI Perjuangan Garut-grahabignews,com)

Garut – ” Bersungguh – sungguh dan Bertanggungjawab Mewujudkan Garut yang Bertaqwa, Maju dan Sejahtera”, adalah ucapan dan komitmen dari Fraksi PDI Perjuangan Kabupaten Garut dalam rangka menyambut Hari Jadi Garut ke-2017.

Menurut Yudha Ketua Fraksi dan juga Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Garut, Garut merupakan salah satu Kabupaten yang ada di Wilayah Provinsi Jawa Barat dan ber ibu kota Tarogong Kidul, Minggu (16/02).

Kalau melihat sejarah Kabupaten Garut tak bisa lepas dari Kabupaten Limbangan sebagai cikal bakal beridirinya Kabupaten Garut yang sekarang . Kenapa dipindah? Menurut sejarah  karena di daerah Limbangan sering terjadi musibah banjir, pusat pemerintahan kurang berkembang karena jauh dari sungai yang menjadi sarana transportasi saat itu, dan irigasi areal pesawahan dan perkebunan.

Yudha Ketua Fraksi dan juga Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Garut 9foto file PDI Perjuangan Garut-grahabignews.com)

Pada tahun 1813 – 1831 saat Bupati Adiwijaya memebentuk tim/panitia survey lokasi untuk ibu kota Kabupaten yang baru, dan akhirnya menemukan tempat yang dikelilingi gunung dan memiliki mata air yang mengalir ke Cimanuk. Pada saat menemukan mata air seorang panitia survey Kekaru (bahasa Sunda yang berarti tergores) dari belukar. Ketika itu ada orang Belanda yang ikut survey tak dapat menirukan kata Kakarut dan hanya bisa menyebut gagarut saja.

Dan atas saran para sesepuh hendaknya nama Kabupaten diganti dengan yang baru (Limbangan saat itu), sehingga tidak lagi menimbulkan bencana dan malapetaka dikemudian hari seperti yang sering menimpa Kabupaten Limbangan. Nah dari kejadian Kakarut tersebut yang dilapalkan oleh orang Belanda dengan gagarut, sehingga munculah nama Garut yang menjadi nama Kabupaten Garut hingga sekarang. Dan hari jadi Kabupaten Garut dipetingati setiap tanggal 16 Februari.

 


Share posting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *